Laksamana Chengho

Benarkah Islam di jazirah Melayu dan kawasan Indonesia disebarkan juga oleh bangsa China melalui perjalanan musibah internasional yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho ?
Ibnu Batuta, pemikir ilmu alam asal Arab ketika ia meninggalkan China, sama sekali tidak menyangka, kalau seorang anak kecil beragama Islam yang menemani anak raja, akan menjadi orang besar. Ibnu Batuta juga tidak menyangka kalau Dinasti Ming akan berkuasa dan anak kecil itu setelah 22 tahun Ibnu Batuta meninggalkan China, menjadi seorang laksamana yang disegani yang memimpin pelayaran musibah sebanyak tujuh kali dan mengunjungi 30 negara di rantau Melayu, Asia Selatan dan Timur Tengah. Tidak hanya perjalanan musibah membawa misi perdamaian dan diplomatic China, Laksamana Cheng Ho dan armadanya, diyakini juga menyebarkan Islam di Jazirah Melayu, Sumatra dan Jawa.
Antara tahun 1405 hingga 1433, Laksamana Chengho mengunjungi Indonesia sebanyak tujuh kali. Ketika menyusuri Laut Jawa dan melanjutkan perjalanannya ke Jawa Timur, Chengo diriwayatkan mengajarkan wara setempat beberapa kemahiran dibidang pertanian, peternakan, pertukangan dan perikanan. Pada hari Jumat, Chen ho dilaporkan menjadi khatib dan memberikan kutbah dihadapan ratusan warga Surabaya kala itu yang menjadi jemaah sholat Jumatnya. Dr. Leo Suryadinata dari Insitut Kajian Masalah Asia Tenggara, ISEAS, Universitas Nasional Singapura mengatakan Ini menegaskan bahwa sebenarnya Islam di Indonesia, masuk tidak hanya dari jazirah Arab, melainkan juga dari China.
Ini juga menjelaskan bahwa bangsa China mempunyai pengaruh yang besar dalam penyebaran Islam di Indonesia dan juga di semenanjung melayu. Adanya sentuhan arsitektur China dalam bangunan masjid tua menunjukkan bahwa selain dari Arab ataupun India, Islam mungkin juga datang dari China. Penyebaran Islam di Daratan China nampaknya juga merupakan hasil dari hubungan dagang yang meningkat dengan negara negara di kawasan Timur Tengah.
Selain itu pula, Islam di sebarkan di China ketika Dinasti Yuan berkuasa. Dinasti Yuan berasal dari kawasan Mongolia yang sebagian besar masyarakatnya beragama Islam. Ketika Dinasti Yuan dikalangan oleh Dinasti Ming, kehidupan Islam di China mengalami perubahan. Kehidupan masyarakat Islam disana dipengaruhi oleh falsafah Confusius dan Budha.
Kehidupan Cheng Ho dibawah kekaisaran Ming, tetap menonjolkan identitasnya sebagai seorang Muslim. Namun disaat bersamaan, ia juga menjalankan kebudayaan tempat ia berasal. Meskipun beragama Islam dan membangun masjid, Cheng Ho juga turut membantu membangun kuil sebagai warisan budaya dan agama sebagian rekannya. Ini jelas merupakan perilaku toleransi yang luar biasa.
Mengimbas kembali peranan dan perilaku Laksamana Chengho yang menjunjung toleransi ini, maka menurut Dr. Leo Suryadinata dari Insitut Kajian Masalah Asia Tenggara, ISEAS, Universitas Nasional Singapura, relevansinya masa saat ini adalah bagaimana mengembangkan Islam sambil terus memupuk semangat toleransi.
Laksamana Chengho mangkat diusia 62 tahun. Ia memberikan sumbangan tidak hanya dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara, tetapi juga budaya, seni dan ilmu. Peran Laksamana Muhammad Cheng Ho akan diseminarkan di Singapura pada tanggal 18 hingga 20 Agustus nanti oleh para pakar dari Asia dan Amerika. Ini semua merupakan rangkaian peringatan 600 tahun ekspedisi Laksamana Chengho yang juga dilakukan Indonesia dan dipusatkan di Semarang, Jawa Tengah.

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Sejarah. Bookmark the permalink.

2 Responses to Laksamana Chengho

  1. den's says:

    Thanks bwt infonya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s