Jepang, Budaya, dan Kesuksesan

Negara Jepang telah berubah menjadi negara maju setelah pada tahun 1945 2 kota besar di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki di hancur leburkan oleh sekutu (AS) dengan menggunakan Bom Atom. Jepang mampu bangkit dan bergerak menjadi macan Asia. Jepang merasa dirinya harus dan wajib untuk ikut serta dalam percaturan politik dunia saat ini bersama-sama dengan negara lain, termasuk ambisinya untuk menjadi DK PBB.
Budaya politik yang dimiliki Jepang telah merubah wajah Jepang di mata dunia sebagai negara yang berteknologi tinggi. Banyak menghasilkan produk-produk teknologi yang tidak sedikit untungnya. Jepang menyadari akan kendala yang ada, baik dari dalam negara maupun dari luar negara. Kendala itu berhasil mereka tundukan dengan budaya politik Jepang yang sangat kuat. Mereka mampu berinovasi dan bangkit menuju arah kehidupan yang lebih baik lagi dengan memperkuat “sense of survival” sebagai budaya bangsanya.
Sejak periode Restorasi Meiji sampai pecahnya PD II, Jepang selalu menggabungkan kekuatan ekonomi dengan kekuatan militernya sebagai kekuatan dan ketahanan nasional.
Jepang, Budaya, dan Kesuksesan merupakan tiga buah kata yang saling mempengaruhi satu sama lain dalam kehidupan politik bangsa Jepang sehingga melahirkan banyak inovator-inovator sukses.
Wallahu’alam

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s