Berdosakah “Mereka”?

Oleh Dian Kurnia

Segala Puja dan Puji hanyalah milik Allah SWT. Pemilik segala kerajaan yang ada di langit dan di bumi. Shalawat serta salam semoga selalu terlimpah curahkan kepada junjunan kita semua Nabi Besar Muhammad SAW, kepada para keluarganya, para sahabatnya, para tabi’it tabi’in, serta semoga kepada kita semuanya selaku umat yang setia hingga akhir zaman kelak. Amin🙂

Saya sempat bingung apakah harus menulis tulisan ini atau jangan, Berdosakah “Mereka”? judul yang saya ambil. Mungkin hanya sebagian kecil dari aspirasi yang tak sempat dikeluarkan. Begitulah yang saya persepsikan dari kehidupan masyarakat di daerah Tanjungkerta, kab. Sumedang khususnya.

Tulisan ini saya tujukan kepada mereka yang merasa penuh bertanggung jawab atas kesejahteraan dan keselamatan warga masyarakat yang telah memilih mereka menjadi pemimpin suatu daerah. Tulisan ini sekaligus merupakan bentuk kekesalan saya terhadap Jalan yang melintasi daerah kecamatan Tanjungkerta (Hariang s/d Sumedang), khususnya rute Cipadung-Cikalong-Sukadana-Depok-Karanglayung-BBC- s/d Sumedang.

Saya kesal sekali dengan ketidakpedulianmereka yang telah menjadi pemimpin wilayah Tanjungkerta khususnya, dan wilayah2 lain umumnya di daerah Kabupaten Sumedang. Hampir semua jalanan yang tadi saya sebutkan tidak layak pakai dan bisa menyebabkan kecelakaan. Jalan tersebut rusak-parah. Bila hujan turun, jalanan terlihat seperti BALONG.😦 Banyak keluhan  yang keluar dari para  pengguna jalan yang saya dengar. Seperti: “aduh, jalan teh kawas balong pisan euy. geus t ngenah hate mun lewat jalan eta teh, ngarusak kendaraan urang eta mah”.

Ada juga yang pernah menyangkut pautkan kerusakan jalan Tanjungkerta-Sumedang itu dengan unsur politik. Kata mereka: “meureun da eta mah BEUREUM nu mingpinna, urang lolobana kan lain BEUREUM, ciga diskriminasi deui etamah”. Masih banyak lagi keluhan2 yang keluar dari para pengguna jalan tersebut yang pada intinya, mengeluhkan kenapa tidak ada pihak dari pemerintah kabupaten yang meninjau dan melakukan perbaikan jalan. Hampir sudah beberapa tahun ini jalan dengan rute tersebut tidak pernah di-longok oleh pihak2 itu. Hanya masyarakat sekitar jalan yng rusak saja yang dengan inisiatif mereka sendiri melakukan pengarugan jalan yang bolong2 itu.

Oleh karena itu, saya khususnya mohon apabila ada pihak terkait yang membaca tulisan (baca: aspirasi) ini, untuk segera melakukn tobat yang paripurna dengan cara memperbaiki jalan yang rusak. Karena pemimpin adalah wakil rakyat yang harus dengan gigih dan bertanggung jawab mensejahterakan rakyatnya.

Jalanan Berlubang 1

Jalanan Berlubang 2

Jalanan Berlubang 3

Seperti kita ketahui, pernah ada cerita pada zaman sahabat dulu, bahwa ada seorang khalifah yang kedatangan anaknya ke kantor kerjanya. Khalifah itu bertanya kepada anaknya, “Wahai anakku apakah engkau ingin membicarakan masalah pemerintahan atau pribadi” jawab sang anak, “pribadi wahai ayahku”. Lalu khalifah itupun langsung mematikan lampu ruangan kerjanya, karena menurutnya lampu itu menerangi hanya untuk kegiatan kantor (pemerintahan) saja. Jadi harus dimatikan bila ada keperluan diluar kepentingan negara.

Dari cerit singkat ini, dapat kita ambil sebuah hikmah dan pelajaran, bahwa seorang pemimpin hendaknya bersikap wara’. Karena hal ini akan mendatangkan kebaikan. Sebaliknya, saat ini kita saksikan banyak perilaku a-moral para petinggi yang dengan terang-terangan mempermainkan jabatan kenegaraannya. Masya Allah !!!

Berdosakan “Mereka”? bila membiarkan jalanan didaerah tanggung jawabnya rusak berat dan menyebabkan kesusahan terhadap rakyatnya.

JAWABLAH OLEH ANDA SENDIRI

Semoga bisa bermanfaat🙂

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Berita, Renungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Berdosakah “Mereka”?

  1. Tos sae jigana ayeuna mah, jigana, nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s