Batu Meteor Ungkap Masa Lalu Planet Mars

Bismillah🙂

Sebuah informasi penting yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi kita selaku umat manusia yang mendiami planet Bumi ini. Informasi ini saya harapkan bisa memberikan sebuah pemahaman baru kepada kita tentang kebesaran dan keMahaan Allah SWT sebagai pencipta alam semeste beserta isinya ini.

Penemuan ilmiah mengenai alam semesta ini memang terus menerus bermunculan. Pada saat ini, telah banyak riset para ilmuwan yang telah berhasil menguak misteri dari rahasia alam semesta yang dulu belum bisa terpecahkan secara ilmiah dan rasional.

Selamat menikmati dan memaknai🙂

Bukti masa lalu planet mars !PASADENA, KOMPAS.com — Sebuah batu meteor seukuran buah semangka raksasa yang ditemukan di Planet Mars menjadi salah satu petunjuk pengungkap tabir masa lalu planet merah tersebut.

Meteor Mars itu berbobot setidaknya 0,5 ton sehingga dianggap terlalu besar untuk menembus atmosfer Mars yang tipis dan mendarat tanpa hancur. Hal itu memunculkan dugaan atmosfer Mars pada masa lalu jauh lebih tebal dari yang diduga selama ini atau batu tersebut jatuh miliaran tahun lalu saat atmosfer Mars jauh lebih tebal.

”Ada kemungkinan, Mars mempunyai karbon dioksida padat yang dapat menyuplai gas karbon dioksida dalam jumlah besar ke atmosfer selama ’musim panas’ pada siklus iklim belakangan ini atau batu jatuh miliaran tahun lalu,” ujar Matt Golombek, anggota tim peneliti di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Atmosfer planet dapat memperlambat kecepatan jatuh meteor karena ada gesekan. Kendaraan NASA, Opportunity, menemukan meteor mengandung logam, yang kemudian dinamai Block Island oleh para ilmuwan, pada akhir Juli lalu.

Block Island panjangnya sekitar 60 cm dan tingginya sekitar 30 cm, dengan noda kebiruan. Batu itu sepuluh kali lebih besar dari Heat Shield Rock, batu Mars lain yang ditemukan tahun 2004.

Wallahu’alam

sumber site: http://sains.kompas.com/

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Arkeologi, Berita, Informasi, Pengalaman, Renungan, Sejarah, Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s