Penggalian Arkeologi Teliti Situs Stonehenge di Inggris

Bismillah🙂

LONDON, SELASA – Untuk mengungkap misteri pembangunan Subhanallah !!! Misteri Stonehenge Terkuak Stonehenge atau tugu-tugu batu raksasa di Inggris, para arkeolog akhirnya mulai melakukan penggalian di sekitarnya. Dari material yang ditemukan dalam penggalian tersebut, mereka berharap dapat mengungkap kapan batu-batu besar yang menyusun monumen paling misterius ini mulai disusun.

Stonehenge merupakan salah satu peninggalan dari zaman prasejarah yang sangat terkenal di Inggris. Namun, siapa yang membangun, untuk apa, dan kapan monumen batu tersebut dibangun masih menyimpan teka-teki hingga saat ini. Situs yang sudah dilindungi sebagai salah satu warisan dunia itu menjadi salah satu kunjungan wisata favorit di Salisbury.

Strukturnya secara umum berbentuk pola melingkar yang terdiri atas batu-batuan tegak maupun bertumpuk. Lingkaran bagian luar tersiusun dari batu-batu jenis sarsen raksasa yang berditi tegak. Sementara lingkaran batu di pusatnya tersusun dari tumpukan batu jenis bluestone (batu biru). Bentuknya yang melingkar diyakini berhubungan dengan astronomi, misalnya untuk mempelajari posisi matahari dan bulan.

Para ilmuwan memperkirakan batu biru (bluestones), yang merupakan bagian tertuanya, dibangun sekitar 2600 Sebelum Masehi. Batu ini diperkirakan dibawa dari tugu batu lainnya di Bukit Preseli, Wales Selatan yang dipisahkan sungai dan berjarak sekitar 382 kilometer dari situs tersebut.

“Penggalian akan melacak datangnya batu biru setelah dibawa sejauh 153 mil perjalanan dari Preseli ke Salisbury Plain,” ujar Geoffrey Wainwright, arkeolog yang akan melakukan penggalian bersama Timothy Darvill dari Universitas Bournemouth. Tidak hanya itu, mereka juga berusaha mengungkap bagaimana batu-batu  seberat 5 ton dibawa ke bukit tersebut.

Para arkeolog sebelumnya berpendapat bahwa batu-batu tersebut mungkin digelindingkan dari bukit ke pinggir pantai. Kemudian diangkut dengan perahu besar mengarungi Sungai Avon.

Wallahu’alam

sumber site: http://sains.kompas.com/

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Arkeologi, Berita, Informasi, Sejarah, Umum and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s