Inovasi Teknologi (bag. 1)

Oleh Dian Kurnia

inovasi dalam teknologi digital dan transmisiDalam perjalanan sejarah umat manusia, kebudayaan selalu mengalami perubahan dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Hal ini adalah sebuah keharusan yang menghiasi watak peradaban umat manusia yang bersifat dinamis (kebudayaannya). Begitu halnya dengan aspek teknologi yang selalu mengalami penyempurnaan. Dari masa ke masa, teknologi yang merupakan bagian dari produk kebudayaan umat manusia, akan selalu mengalami dinamisasi kultural.  Sebagaimana halnya dengan aspek internal dari manusia itu sendiri, yakni pemikiran umat manusia yang semakin modern dengan ditandai oleh adanya produk-produk teknologi yang memudahkan semua pekerjaan manusia dari hal yang kecil hingga hal yang kompleks.

Munculnya Internet atau WWW

Internet merupakan hal baru yang telah berevolusi menjadi media penyimpanan raksasa di jagad raya ini. Hampir 2,2 miliar orang di perkirakan akan mengisi populasi internet ini pada tahun 2013 nanti, di mana 43 % berdomisili di wilayah Asia. Riset ini dipublikasikan oleh Forrester Research dalam satu kesempatan. Deatilnya adalah 17% dari 43% pengguna internet berada di Cina, dan pertumbuhan internet di negara seperti Eropa dan Amerika hanya berjumlah sekitar 3% saja.

Social Network atau Facebook

Situs ini (www.facebook.com) diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zukerberg, seorang mahasiswa lulusan Harvard University dan mantan (alumni) sekolah pada Ardsley High School.

Situs ini pada awal mula berdirinya hanya beranggotakan uuntuk siswa Harvard saja. Pada bulan April di tahun yang sama, keanggotaan dari komunitas ini diperluas ke sekolah lainnya yang berada di wilayah Boston, USA (Boston College, Boston University, MIT, dan Tufts), Rochester, NYU, Northwestern, Stanford, dan semua sekolah yang termasuk kriteria unggulan.

Pada tahap selanjutnya, keanggotaan Facebook bisa diakses oleh mereka yang memiliki akun email dengan ekstensi suatu universitas seperti .edu, .ac, .uk, dll. Namun, akhirnya pada tanggal 11 September 2006 keanggotaan akun facebook bisa diakses oleh seluruh manusia di dunia dengan alamat email apapun. [dari berbagai sumber]

Wallahu’alam

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Informasi, Sejarah, Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Inovasi Teknologi (bag. 1)

  1. Pingback: Menulis, Mudah Karena Cyberspace | Menjadi Penulis | Menulis untuk satu perubahan

  2. ziyah says:

    iya apalagi semakin tekhnologi canggih semua serba dimudahkan…
    karena manusia memang gak pernah puas dari apa yang ada..
    informasilebih cepat dan mudah di akses..
    asal bisa menempatkan hal hal yang positive dan manfaaatnya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s