12 Point Perintah SBY Atas Kasus Gayus H Tambunan

Presiden tidak tegas. Presiden mandul. Presiden memble. Serta kritikan lainnya terhadap presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Kritikan terhadap ketidaktegasan Istana Negara berkaitan dengan penanganan kasus Gayus H. Tambunan dijawab oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan mengeluarkan 12 perintah bagi lembaga-lembaga penegak hukum. Inilah garis besar perintah SBY yang dikeluarkan selepas rapat terbatas beberapa waktu lalu.

1. Kepolisian, Kejaksaan, serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia harus mempercepat dan menuntaskan kasus Gayus.

2. Tingkatkan sinergi di antara penegak hukum yang melibatkan PPATK dan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum. KPK lebih dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan yang belum ditangani kepolisian.

3. Lakukan audit kinerja dan keuangan terhadap lembaga penegak hukum yang memiliki kaitan dengan kasus Gayus, dalam hal ini Kepolisian, Kejaksaan, dan Direktorat Jenderal Pajak.

4. Penegakan hukum dijalankan secara adil dan tidak pandang bulu, termasuk berkaitan dengan perusahaan yang disebut-sebut ada kaitannya dengan masalah perpajakan.

5. Metode pembuktian terbalik dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

6. Amankan dan kembalikan uang dan aset-aset negara, termasuk perampasan uang yang diduga hasil korupsi dari kasus Gayus.

7. Berikan tindakan administrasi, di samping sanksi hukum, bagi yang dinyatakan bersalah kepada semua pejabat yang nyata-nyata melakukan penyimpangan, pelanggaran, dan kejahatan, termasuk mutasi dan pencopotan, dalam satu pekan ke depan.

8. Lembaga yang pejabatnya melakukan kesalahan dan penyimpangan perlu dilakukan penataan ulang. Waktunya satu bulan ke depan.

9. Tinjau dan lakukan perbaikan terhadap sistem kerja dan aturan yang memiliki celah hukum untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

10. Berikan laporan secara berkala dari kemajuan penuntasan kasus hukum Gayus setiap dua pekan.

11. Umumkan kepada masyarakat soal kemajuan penanganan kasus Gayus secara berkala.

12. Wakil Presiden Boediono memimpin pengawasan, pemantauan, dan penilaian instruksi presiden ini dengan dibantu Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum.

Sumber: Tempo Interaktif

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Berita, Informasi, Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to 12 Point Perintah SBY Atas Kasus Gayus H Tambunan

  1. nobody says:

    Kekuatan FreeMason Yahudi bermain di balik masalah Gayus dll.?
    Semua orang sepertinya berusaha untuk saling menutupi agar kedok anggota mafia FreeMason utamanya tidak sampai terbongkar.
    Jika memang benar demikian, maka tidak akan ada yang bisa menangkap dan mengadili Gembong tersebut -di dunia ini- selain Mahkamah Khilafah!
    Mari Bersatu, tegakkan Khilafah!
    Mari hancurkan Sistem Jahiliyah dan terapkan Sistem Islam, mulai dari keluarga kita sendiri!

    • Letnan Dian says:

      sbenarnya bukan berusaha untuk menutupi, ttapi untuk saat ini kkuatan mreka ckup berlapis (kuat).. Umat Islam sdang mengumpulkan kkuatan yg cukup saat ini dlam rangka menghembuskan nafas busuk pergerakan freemason bserta antek2-nya, yahudi Israel dan AS…
      Wallahu’alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s