Keragaman Budaya di Indonesia

Oleh Dian Kurnia

Indonesia terbagi atas beberapa pulau yang tersebar di berbagai wilayah geografis dunia. Sifatnya yang beragam menyebabkan Indonesia tampil sebagai ikon pluralisme dalam beberapa aspek kehidupan. Hal ini merupakan kekayaan bangsa yang menghiasi peri kehidupan masyarakat dunia.
Sebagai salah satu Negara dengan komunitas Muslim terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki keberagaman dalam aspek kebudayaan. Masyarakat Indonesia terkenal akan plural nya. Kebudayaan lokal masyarakat Nusantara tercermin dalam perbedaan bahasa dan logat, cara berpakaian, sistem adat atau tradisi tiap daerah, sistem kepercayaan atau religi, serta cara penghidupan masyarakat yang berbeda-beda.
Di pulau jawa misalnya, terdapat lebih dari sepuluh etnis yang tersebar di beberapa wilayah admministratif. Jawa Barat sebagai salah satu wilayah terpada di pulau Jawa, memiliki kuantitas etnis yang cukup beragam. Transmigrasi menjadi alasan terbentuknya keragaman budaya ini.
Dalam pergaulan dengan masyarakat dunia, Negara Indonesia banyak dikenal perihal budaya-budayanya yang unik dan beragam. Sebut saja, kebudayaan Wayang Golek yang berasal dari Jawa Barat. Kebudayaan REOG dari Ponorogo. Kebudayaan Batik dari Jawa Tengah. Serta kebudayaan-kebudayaan lainnya yang memiliki karakteristik khusus masing-masing.
Keberagaman budaya di Indonesia, perlu dilestarikan secara kontinu. Hal ini adalah sebagai salah satu cara bersyukur kita sebagai manusia kepada Tuhan YME atas limpahan karunia dan rahmat-Nya atas wilayah Nusantara yang begitu subur akan sumber dayanya, baik itu sumber daya alam (SDA) ataupun sumber daya manusia (SDM).
Oleh karena itu, saya pribadi mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk segera memahami akan pentingnya melestarikan budaya lokal Indonesia agar suatu saat nanti di masa depan, anak cucu kita bisa merasakan dan mengetahui budaya luhur bangsa Indonesia.

Wallahu’alam

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Informasi, Sejarah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s