Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Oleh: Dian Kurnia

Umat Islam adalah umat terbaik yang telah diciptakan oleh Allah Swt sebagai pencipta alam semesta beserta segala isinya. Nabi Muhammad Saw sebagai penyampai risalah-Nya, telah sempurna mengemban tugas kenabiannya. Sebagaimana terkandung dalam Q.S.  al-Maidah ayat 3 yang berbunyi sebagai berikut: “…Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu sebagai agamamu…”.

Ajaran Islam adalah ajaran yang paling sempurna yang pernah menghiasi perjalanan peradaban umat manusia. Setiap aspek kehidupannya mendapat porsi yang sesuai dengan yang diberikan oleh ajaran Islam. Seperti kewajiban berpuasa misalnya. Ia tidak semata-mata diwajibkan melainkan ada kebaikan di dalamnya. Dalam al-Qur’an telah disinggung mengenai hal ini, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah, ayat 183-184)

Bulan ramadhan sebentar lagi akan menghampiri kita. Meningkatkan setiap nilai amalan yang kita lakukan. Memperlebar kesempatan bagi setiap orang untuk berbuat baik. Di dalamnya penuh dengan kebaikan dan keutamaan. Sejatinya kita harus mempersiapkan bulan penuh berkah itu dengan persiapan yang matang.  Berikut beberapa persiapan yang ada baiknya kita persiapkan sebelum memasuki bulan ramadhan yang dipenuhi dengan keberkahan-keberkahan ilahi.

Persiapan fisik

Bulan ramadhan adalah suatu bulan yang di dalamnya penuh dengan ujian-ujian serta tantangan-tantangan yang dihadirkan oleh Allah Swt kepada setiap muslim sejati agar mendapatkan penaikan kualitas keimanan ke derajat taqwa.

Sebagai suatu wadah yang Allah Swt persiapkan untu kita dalam menempuh ujian peningkatan derajat keimanan, bulan ramadhan (bulan puasa) menuntut kita secara proporsional dan logis agar menguatkan setiap elemen internal yang kita miliki. Terutama aspek fisik yang menjadi alat utama dalam menjalankan ibadah puasa dan shalat tarawih. Ibadah ini memerlukan fisik yang cukup kuat untuk dilakukan secara kontinue. Oleh karena itu, persiapkan fisik kita saat ini dalam menempuh ujian-ujian di bulan ramadhan secara komprehensif agar derajat keimanan yang tinggi bisa kita dapatkan.

Persiapan mental dan spiritualitas

Ujian yang ditempuh selama bulan ramadhan bukan hanya ujian dalam aspek fisik belaka. Aspek spiritual dan mental menjadi sarana ujian yang lebih banyak mendapatkan sorotan. Kita rasakan bahwa ketika bulan ramadhan sesungguhnya kita sedang melatih kedewasaan spiritual agar menjadi lebih stabil dalam menjalani kehidupan selanjutnya di luar bulan ramadhan.

Oleh karena itu, mempersiapkan aspek mental dan spiritual untuk bertarung secara all out di bulan ramadhan adalah wajib kita tunaikan. Caranya adalah dengan memperbanyak ibadah sosial dan memperbanyak dzikir kepada-Nya agar diberikan kekuatan mental dan spiritual ketika menjalani ibadah di bulan  ramadhan.

Persiapan ilmu

Selain mempersipkan fisik dan mental, kita juga harus mempersiapkan ilmu dalam menjalani ritual ibadah di bulan ramadhan. Hal ini sangat penting kita lakukan. Mengingat ibadah di bulan ramadhan adalah syarat dengan keutamanan-keutamaan yang tinggi apabila kita menjalaninya sesuai dengan apa yang Allah Swt perintahkan. Banyak bertanya kepada ulama-ulama yang cakap dengan keilmuwan seputar bulan ramadhan, banyak menghadiri pengajian-pengajian yang membahas perilaku muslim sejati di bulan ramadhan, serta memperluas wawasan keilmuwan agama dengan banyak membaca dari literatur-literatur yang membahas seputar keutamaan bulan ramadhan.

Akhirnya, semoga kita disampaikan oleh Allah Swt kepada bulan agung yang penuh dengan berkah dan keutamaan. Semoga Allah Swt senantiasa melindungi setiap langkah kita dari ranjau-ranjau kehinaan dan kesesatan. Marilah kita memperbanyak do’a dan amalan-amalan sunnah sebagai bahan persiapan untuk menjalankan ujian peningkatan keimanan di bulan ramadhan. [] Wallahu’alam

Bandung, Jum’at, 8 Juli 2011 / 7 Sya’ban 1432 H

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Islam and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s