Konsep Budaya dalam Persfektif Antropologi

Oleh: Dian Kurnia

anthropologyBudaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

KONSEPSI antropologis tentang budaya merupakan salah satu gagasan paling penting dan berpengaruh dalam pemikiran abad ke-20. Pemakaian istilah “budaya” sebagaimana digunakan oleh pakar-pakar antropologi abad ke-19 telah berkembang ke berbagai bidang pemikiran lainnya dengan pengaruh yang dalam. Sekarang di kalangan pakar humaniora  dan ilmuan sosial (sosiolog) lainnya merupakan hal yang  lumrah apabila mereka berbicara, misalnya, “budaya” sunda.

Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.

Namun, sebagai paradoks, pengertian budaya yang tersirat dalam pemakaian istilah tadi telah terbukti terlalu bias dan terlalu tumpul untuk menggambarkan unsur-unsur pokok perilaku manusia. Reakasi dari beberapa pakar ialah membuang istilah tersebut sebagai piranti konseptual utama. Sedangkan, tanggapan pihak lainnya lagi ialah mempertajam dan mempersempit instrumennya agar bisa lebih cepat dan tepat.

Bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain…”

Budaya sebagaimana istilah ini digunakan dalam antropologi tentunya tidaklah diartikan bukan pengembangan dari bidang seni dan keanggunan sosial, melainkan, budaya lebih diartikan sebagai kumpulan pengalaman yang dipelajari. Suatu budaya, misalnya, budaya Sunda, mengacu pada pola-pola perilaku yang ditularkan secara sosial, yang merupakan kekhususan kelompok sosial tertentu.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Oleh karena itu di bawah ini disuguhkan beberapa konsep tentang beberapa segi budaya yang dikemukakan oleh para pakar antropologi (antropolog).

Suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kemanusiaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. (Taylor, 1871)

Keseluruhan dari pengetahuan, sikap dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu. (Linton, 1940)

Semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang eksplisit maupun implisit, rasional, irrasional dan nonrasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang  potensial untuk perilaku manusia. (Kluckhohn dan Kelly, 1945)

Keseluruhan realisasi gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan dan perilaku yang ditimbulkan. (Kroeber, 1948)

Bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia. (Herskovits, 1955)

Pola, eksplisit dan implisit, tentang dan untuk perilaku yang dipelajari dan diwariskan melalui simbol-simbol, yang merupakan prestasi khas manusia, termasuk perwujudannya dalam benda-benda budaya. (Kroeber dan Kluckhohn, 1952).

Tulisan ini, merupakan catatan perkuliahan penulis di jurusan Sejarah UIN Bandung, pada tanggal 16 Oktober 2009 silam.

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Antropologi, Catatan Kuliah and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Konsep Budaya dalam Persfektif Antropologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s