“Umatkuuu..!” kata Rasul SAW

DALAM sebuah riwayat dikisahkan.
Waktu itu baginda Rasul sedang berkumpul bersama para sahabat setianya. Lalu baginda bertanya, “Wahai sahabatku, tahukah kalian siapakah hamba Allah yang mulia di sisi Allah?”
Para sahabat terdiam. Kemudian ada salah seorang sahabat berkata, “Para malaikat, Ya Rasul. Merekalah yang mulia.”
Baginda berkata, “Ya, para malaikat itu mulia. Mereka dekat dengan Allah. Mereka senantiasa bertasbih kepada Allah. Tentulah mereka mulia. Tapi bukan itu yang kumaksudkan.”
Lalu kemudian para sahabat kembali terdiam.
Tiba-tiba salah seorang sahabat kembali berkata, “Ya Rasulullah, tentulah para nabi. Merekalah yang mulia itu.”
Nabi Muhammad Saw, tersenyum. Lalu baginda berkata, “Ya, para nabi itu mulia. Mereka adalah utusan Allah di muka bumi. Bagaimana mungkin mereka tidak mulia?! Mereka mulia, tapi ada lagi yang lainnya.”
Para sahabat kembali terdiam dan bertanya-tanya dalam hati siapa lagi hamba Allah yang mulia itu. Hingga kemudian salah seorang dari mereka berkata, “Ya Rasulullah, apakah kami, sahabatmu, Ya Rasulullah, apakah kami yang mulia itu, Ya Rasulullah?!”
Kemudian baginda memandang wajah sahabat yang ada pada waktu itu satu persatu. Kemudian baginda tersenyum melihat mereka. Baginda berkata, “Tentulah kalian mulia. Kalian dekat denganku. Kalian membantu perjuanganku. Bagaimana mungkin kalian tidak mulia?! Tentulah kalian mulia.”
“Tapi ada lagi yang lain yang mulia,” lanjut baginda Rasul.
Semua sahabat pun terdiam. Mereka tak mampu berkata apa-apa lagi. Namun kemudian, baginda tiba-tiba merundukkan wajahnya. Dan kemudian baginda Rasul menangis di hadapan para sahabatnya. Para sahabat pun bertanya, “Mengapa kau menangis, Ya Rasulullah?!”
Sejurus kemudian baginda mengangkat wajahnya, terlihat air mata berlinang membasahi wajah dan janggutnya. Baginda berkata, “Wahai sahabatku, tahukah kalian siapa yang mulia itu? Mereka adalah manusia-manusia yang lahir jauh setelah wafatku nanti. Mereka begitu mencintai Allah dan diriku. Dan tahukah kalian, mereka tak pernah memandangku. Mereka tak pernah melihat wajahku. Mereka hidup tidak dekat dengan aku seperti kalian. Tapi mereka begitu rindu kepadaku. Dan saksikanlah wahai sahabtku semuanya, aku pun rindu kepada mereka. Mereka yang mulia itu, adalah UMATKUUU!”

Muhammad SAW

Sumber: FB

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Islam, Renungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to “Umatkuuu..!” kata Rasul SAW

  1. Abdi suhamdi says:

    bagus sekali artikelnya… sungguh yang lebih mulia disisi Alloh adalah yang lebih taqwa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s