Peneliti: Malaysia Tak Lagi Berdiplomasi Saudara

undefined

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Asia Tenggara, Informasi, Umum. Bookmark the permalink.

2 Responses to Peneliti: Malaysia Tak Lagi Berdiplomasi Saudara

  1. mankuchai says:

    Salam,

    Tertarik saya dengan isu ini,apakah benar Malaysia ini bukan bersaudara/serumpun dengan Indonesia.

    Bagi saya di Msia saya memandangkan isu ini tidak perlu dihangatkan kerana ternyata orang2 Indonesia di Msia enggak senang dengan isu yang dimainkan oleh Indonesia.

    Mereka disini ternyata senang sekali mencari rezeki,mereka disini hidup mewah dan rezeki tersebut mereka bawa pulang untuk dikongsi sama keluarga di Indonesia.

    • Serda Dian Kurnia says:

      Wlkmsalam,
      Indonesia dengan Malaysia memang memiliki sejarah yg sama sbg negara d kawasan Asia Tenggara yg selanjutnya dikatakan sbg sdr srumpun (Melayu). Namun, hal itu prlahan-lhan tp pasti bs sja mmudar d karenakan aspek2 politis yg sring trjadi antara k-2 ngara. Sy akui, mmang bnyak warga Indonesia yg tgl d sn dan mnkmati akan khidupanny itu, tp tdk sdikit pula dr mreka (TKI/TKW) yg mrasakan khidupan dlm kgelisahan krena HAM tlah d langgar sbgaimana kita smua ktahui akan planggaran2 yg tlah trjadi. Sy jg punya krabat yg sdah lama bkerja d Mlysia, dan mngaku btah. Tp ia jg brcerita akan pngalaman2 brsama shabat lainnya dlm kgelisahan dan kungkungan yg sulit tuk kluar. Jd isu ini brsifat subjektif, dtentukan dari mana qt mlihat dan meniliknya. Wallahu’alam

Leave a comment