Reformasi Dorong Diplomasi TNI

London – Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Yuri Octavian Thamrin mengemukakan, reformasi mendorong TNI menjadi tentara yang semakin profesional dan telah turut berperan aktif dalam diplomasi Indonesia di luar negeri sebagai “ambassador of goodwill”.

Hal itu disampaikan Dubes dalam Resepsi Diplomatik Peringatahan Kemerdekaan RI serta HUT TNI ke-65 di Grand Ballroom di Hotel Langham, London, Selasa (5/10) malam (waktu setempat).

Berbagai kalangan yang hadir dalam acara resepsi HUT RI dan HUT TNI tersebut antara lain tokoh dan pejabat penting pemerintahan Inggris, para duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat di Inggris.

Selain itu juga tampak hadir pimpinan perusahaan terkemuka Inggris, akademisi, pemuka dan tokoh masyarakat Inggris, di samping tokoh dan anggota masyarakat Indonesia di Inggris.

Dubes menyampaikan kemajuan Indonesia di berbagai bidang selama 65 tahun, termasuk keberhasilan proses konsolidasi demokrasi.

Dubes Yuri menegaskan bahwa melalui semboyan `seribu kawan tanpa musuh” (a thousand friends and zero enemy), Indonesia akan terus memantapkan tekad dan peranannya untuk menjadi bagian dari solusi berbagai masalah global yang melanda dunia saat ini.

Dubes Yuri menandaskan kembali komitmen KBRI London untuk semakin memperkuat hubungan bilateral Inggris dan Indonesia di masa mendatang.

Sementara itu, Marshall of the Diplomatic Corps, Charles Grey, selaku tamu kehormatan memberikan sambutan dalam Bahasa Indonesia, dan menyampaikan apresiasinya serta salam kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Grey meyakini bahwa hubungan Indonesia dan Inggris akan semakin kokoh dalam berbagai bidang.

Dalam acara ini undangan terpukau dengan penampilan dua jenis tarian tradisional, yakni Tari Panyembrana dari Bali dan Tari Jaipong dari Jawa Barat, yang dibawakan secara memikat oleh para penari Indonesia.

Selain itu, para undangan juga menikmati suguhan beragam makanan khas Indonesia, termasuk sate ayam dan martabak.

Penampilan tarian dan makanan khas Indonesia ini merupakan bagian dari upaya KBRI London untuk memperkenalkan ragam kekayaan budaya dan kuliner Nusantara kepada masyarakat Inggris.(ant/waa)

Sumber site: http://erabaru.net/

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Berita, Informasi, Militer, Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s