Kristiani yang Mendukung FPI

SIAPA yang tak mengenal FPI? Tiga huruf itu adalah singkatan dari Front Pembela Islam. Ormas Islam yang sering dikait-kaitkan dengan ‘tradisi’ kekerasan. Pada dasarnya prinsip utama FPI adalah menegakkan Amar Maruf Nahi Mungkar [mengajak kebaikan dan memerangi kejahatan] tapi apa boleh buat, media sudah ‘berhasil’ mengekspos FPi dengan ‘budaya’ kekerasannya dan (kebanyakan) orang Indonesia sudah memberi nilai buruk terhadap FPI.

Saya sebagai seorang Kristiani (penganut Katholik) sedikit miris ketika media memberitakan kekerasan-kekerasan yang dilakukan FPI. Dan saya pun sempat merasa tidak suka dengan keberadaan FPI di Indonesia. Mulai dari tragedi Monas, penutupan bar, demo anti miras, dll. Saya merasa bosan dengan kekerasan-kekerasan yang dilakukan FPI. Dan masyarakat pun seakan juga tak setuju jika FPI memakai ‘embel-embel’ Islam. Karena menurut mereka, Islam itu damai, mencintai perbedaan dan bukan kekerasan.

Seiring berjalannya waktu, tak terdengar berita tentang FPI. Tiba-tiba Indonesia dikejutkan dengan berita ‘Penolakan FPI di Palangkaraya’. Sejenak saya tercengang. Seketika itu pula saya mulai penasaran dengan FPI. Mengapa FPI sampai ditolak di Palangkaraya?. Saya mencari info-info.

Hingga saya mulai merenung, mengapa masyarakat tidak berpikir ‘apa yang melatarbelakangi FPI untuk melakukan kekerasan’. Sejak itu saya menyimpulkan, bahwa pasti ada sebab yang membuat FPI beraksi. Contohnya, saat FPI melabrak belasan anggota PDIP bertemu dengan mantan anggota PKI di Blitar. Menurut saya, FPI telah berusaha menghilangkan keberadaan PKI sampai pada akar-akarnya. Dan itu saya setuju. Walaupun hanya bertemu ‘mantan’ anggota PKI, jika pertemuan itu terjadi berkala bisa memungkinkan PKI tumbuh kembali di Indonesia. Kemudian soal Demo Miras, itupun saya juga setuju. Pemerintah macam apa yang berani mencabut UU larangan Miras? itupun FPI masih disalahkan. Padahal jika langkah yang digagas pemerintah untuk mencabut UU larangan miras, mau jadi apa negeri ini? jadi negeri yang menghalalkan miras?. Itu saja dua contoh yang ‘me-miris-kan’. Tidakkah media memberitakan ketika anggota FPI membantu mengevakuasi 70.000 korban tsunami Aceh? Tidakkah media memberitakan ketika FPI mendirikan posko bencana gunung Merapi?, sungguh aneh.

Dan pencarian info tentang FPI terus saya lanjutkan. Saya singgah di sebuah forum di internet yang notabene menghujat dan menolak FPI. Tapi ada satu komentar yang menarik menurut saya untuk dibagikan kepada member Kompasiana. User itu bernama adiet87smg, dia menulis:

“hidup d jman skrg emang aneh. kbodohan udh ada dmana2, orang mau berbuat baek aja susah. jadi inget tuh pas jamanx nabi. nabi aja pas dakwah n ngajak manusia kpd kebaikan, mlh beliau dilempar pke kotoran. gile bgt kand? sama kyak skrg, ngajak orng brbuat baik eh malah dimusuhin, dikutuk, n disuruh bubar. bner2 jman edan kali yak!”

Saya jadi teringat ketika ada demo penolakan FPI di bundaran HI. Kebanyakan dari peserta demo adalah kaum gay, lesbian, tuna susila, dan semacamnya. Wajar jika mereka menolak FPI, karena memang status mereka bertentangan dengan agama. Dan kagetnya lagi, saya mendapat info bahwa penggerak demo Penolakan FPI adalah Ulil Abshar Abdalla, fungsionaris partai Demokrat yang sedang terjerat kasus korupsi dan disebut-sebut juga sebagai anggota JIL [Jaringan Islam liberal]. Wow. Pantas saja Ulil Abshar Abdalla menggerakkan massa untuk menolak keberadaan FPI, karena FPI telah mencatut namanya sebagai salah satu oknum yang bersembunyi di Partai yang kebanyakan anggotanya sedang terjerat kasus korupsi. Tentang berita penolakan FPI di Palangkaraya, itu juga disebut-sebut sebagai upaya Ulil Abshar Abdalla untuk ‘memusnahkan’ FPI dari dunia ini. Padahal warga Dayak sendiri yang meminta FPI berdiri di Kalteng

Saya sebagai penganut Katholik, mendukung upaya FPI untuk memerangi kejahatan. Tetapi mungkin lebih indah jika diiringi dengan tindakan yang damai, tidak mudah tersulut emosinya dan kemudian mengadakan aksi-aksi yang dianggap meresahkan.

Lia Christine

Source: Kompasiana

(Judul Asli, “Saya, Seorang Kristiani yang Mendukung FPI” KabarNet)

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Opini, Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Kristiani yang Mendukung FPI

  1. Faizal Arief says:

    yang mencaci maki FPI kan yang tidak suka dengan ide dasar FPI… takut kalau Janji Allah SWT lewat Rasulullah tentang kebangkitan Islam akan benara-benar terjadi… makanya kaum sekular, kaum liberal, kaum komunis dan lsb ramai ramai bikin ontran-ontran menjelekkan FPI. sing rung tau ngrasakke diancam PKI rasah do nyangkem nek PKI ki ugak salah yo Le Thole,… simbahku sawahe kuwi dek biyen jaman PKI arep kudeta marang Pak Karno, kabeh DPC nang daerah-daerah wis do kemaki , malah simpatisan sing nggarap sawahe mbahku wae wani ngancam suk yen PKI menang, sawahe njenengan bakalane diparo sepalih damel kulo, EDAAN pora? hukume ngendi kuwi? ulama-ulama nang daerahku do digergaji, kowe para PKI rasah baleni ontran-ontran maneh… La ila ha ilallah Muhammadar Rasulullah, Mboten enten kuasa kejabi kuasanipun Kanjeng Gusti Pengiran !!!

  2. KupasKristen says:

    yuk mampir ke kupaskristen.com

  3. pancasila harga mati says:

    langsung ditanyakan ke habib rizieq shihab biar lebih afdol…https://m.facebook.com/habib.menjawab atau https://www.facebook.com/habib.menjawab

  4. djogjast says:

    walah dho ribut@ ngapa rung reti FPI we ribut,,,kene sik tetanggane <wes jengkel weruh ulah ASline FPI..kebanyakan PREMAN bayaran,,,mung dho melu melu,,,ra jelas kerjane ,tumpakene mobil akeh,,,dut seko ndi jal?? nek ng koran penganiayaan,penipuan emas batangan, kugh iso lolos komandane ?? pie ono opo kui??aku pernah krungu ng jejere pas tlp.pas nyumbang bencana merapi,,ra ana sik mlebu FPi ,,,sumbangane jaluk bali kabeh,,,…isine preman…islam bukan kekerasan…Nabi aja tidak mengajarkan kekerasan…..kita ini ikut tuntunan NABI SAW jangan ikut budaya dan adat….marilah langit kita junjung<<<<komando KOMANDO KOMANDO KOMANDOO…NKRI HARGA MATI

    • Zarra says:

      Nabi tidak mengajarkan kekerasan terhadap sesama muslim..Tp nabi menyuruh kita tetap tegar dan memerangi kaum2 kafir..Itulah FPI

  5. Roni Yusrom says:

    Kalo benar nanti FPI dibubarkan, tunggu kehancuran di Indonesia.

    (maaf) ormas mana yang seberani FPI?

    • Dian Kurnia says:

      Jika FPI bubar, Indonesia secara administratif tidak akan hancur begitu saja kang. Yang hancur paling aqidah masyarakatnya.
      Coba kang baca ini (dari status teman fb)
      ——————————————————–
      Tontonanya NYA JGN DI TV MULU (Sinetron, Gosip, Berita, dll) Jadinya Gitu Deh…
      Klo mau tau fakta FPI gini ni…

      Dakwah FPI terbagi dalam 2 golongan:
      1. Daerah Amar Ma’ruf
      2. Daerah Nahi Munkar

      Daerah Amar Ma’ruf / Daerah tanpa maksiat disekitarnya: FPI menurunkan ustadz untuk membimbing umat seperti biasanya.
      Daerah Nahi Munkar / Daerah yg terdapat maksiat disekitarnya: FPI membagi lagi jadi 2 golongan, yaitu:

      a. Rakyat sekitar yg mayoritas setuju maksiat
      b. Rakyat sekitar yg mayoritas tidak setuju maksiat

      Untuk daerah kategori a, FPI mengirim ustadz untuk membimbing secara perlahan, sambil mencari alternatif matapencaharian lainnya.

      Untuk daerah kategori b, FPI mengajari bagaimana MASYARAKAT menulis surat kepada lurah, camat, bupati, DPRD, POLRES hingga gubernur / pangdam setempat secara bertahap. Dalam artian, jika bupati tidak dan Polres tidak bertindak, maka MASYARAKAT melapor akan diteruskan ke tingkat yg lebih tinggi.

      PROSEDUR MASYARAKAT DAN FPI INI SAMA SEKALI TIDAK PERNAH MASUK TV !!!

      Jika ke semuanya tidak juga ada tindak lanjut, maka MASYARAKAT dan FPI akan berdemo secara baik-baik di DPRD, kantor BUPATI dsb.

      DAN TV PUN MASIH ENGGAN MELIPUT BERITA INI

      Jika demo baik-baik tidak diindahkan, maka MASYARAKAT dan FPI berdemo dengan tegas ke DPRD, kantor bupati dsb

      SAMPAI DISINI PUN MASIH BELUM DISIARKAN TELEVISI & MEDIA MASSA KUFAR

      Jika tetap tidak ada tindak lanjut, maka MASYARAKAT, sekali lagi, MASYARAKAT dibantu FPI menutup paksa dan membubarkan tempat-tempat maksiat yang tidak diingini masyarakat sekitarnya… Ingat, tempat maksiat yang tidak disukai oleh masyarakat sekitarnya !!! Dan status FPI adalah sebagai YANG DIMINTAI TOLONG OLEH MASYARAKAT SEKITAR.

      DISINILAH BARU MEDIA MASSA KAFIR BERLOMBA-LOMBA MENJADIKAN BREAKING NEWS, HEADLINE REPORT, LIVE, ON AIR, BAHKAN DIBAHAS SECARA KHUSUS DAN DISKUSI SERTA MENAYANGKAN PENDAPAT-PENDAPAT KAUM KUFAR DAN MUNAFIK !!!

      MASIHKAH ANDA BERFIKIR FPI ITU BRUTAL / DSB ???

      Agar saudara tahu, dalam banyak hadits:
      Seorang sahabat bertanya pada Rasulullah Muhammad ﷺ:
      Apakah kita akan diazab sedang diantara kita masih banyak orang saleh? Rasulullah Muhammad ﷺ menjawab: Ya! Jika banyak kefasikan dan kemunkaran serta TIDAK ADA SATU ORANG PUN YANG MELARANGNYA. (HR. Muslim)

  6. sarungbiru says:

    dukung FPI, dukung ormas Islam………..

  7. Randeezt says:

    Gak tau kenapa emang susah buat ngajak orang berbuat baik eh malah dimusuhin, mo kiamat 2012 kali, hehehe

    Thanks share gan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s