Pendaftaran Prajurit TNI AD Tahun 2012

LOGO TNI ANGKATAN DARAT ADPrajurit TNI AD direkrut dari masyarakat umum dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD. Untuk memperoleh prajurit baru yang berkualitas serta mampu memenuhi tuntutan tugas, maka penyediaan prajurit dilaksanakan melalui penerimaan dan pengerahan dengan kegiatan-kegiatan pengujian atau penyaringan berdasarkan persyaratan yang ditentukan.

Persyaratan Umum untuk menjadi prajurit adalah :

  1. Warga negara Republik Indonesia,
  2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945,
  4. Sudah berumur 18 tahun,
  5. Sehat jasmani dan rohani,
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan,
  7. Keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap,
  8. Selain itu, harus memenuhi persyaratan lain yang ditentuka dan lulus dari pengujian atau lulus dari penyaringan.

Penerimaan Prajurit di lingkungan TNI AD di bagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok Tamtama, Bintara dan Perwira.

Tamtama :

Membentuk prajurit dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai prajurit pelaksana yang terpercaya dengan keterampilan yang tinggi. Karena itu pendidikan Tamtama bertujuan membentuk dan mengembangkan pemuda-pemuda warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sesuai ketentuan untuk menjadi Calon Tamtama umum TNI AD.

prajurit

Bintara :

Membentuk prajurit Bintara dalam tatanan organisasi TNI sebagai pimpinan unit kecil, juru, pelatih, pengawas serta tulang punggung pelaksana tugas TNI/TNI AD. Karena itu pendidikan Bintara bertujuan membentuk dan mengembangkan Bintara; agar mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasannya.

prajurit_tni

Perwira :

Membentuk prajurit Perwira dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai pemimpin dalam arti luas. Dalam arti sebenarnya, yaitu Pimpinan yang mempunyai nilai kejuangan dan kemampuan profesi yang tinggi. Karena itu Pendidikan Perwira bertujuan membentuk dan mengembangkan Perwira agar: mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasan, sebagai kekuatan Pertahanan.

taruna_akmil

Klik link di tiap-tiap tingkatan (Tamtama, Bintara, Perwira) untuk melihat informasi yang lebih lengkap! Semoga berhasil menjadi prajurit TNI yang tangguh dan profesional. Aamiin.

Sumber: Website TNI

About diankurniaa

Dian Kurnia. Blogger; Penulis Lepas di koran lokal dan nasional; Mahasiswa Sejarah UIN SGD Bandung.
This entry was posted in Informasi, Pendaftaran TNI AD, Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

95 Responses to Pendaftaran Prajurit TNI AD Tahun 2012

  1. aji setiaji says:

    pak, saya masih duduk di kelas 3 smp dan sya mempunyai minat yg sangat besar untuk menjadi TNI. apa yang bisa saya latih agar nanti di waktu pendaftaran dan tes bisa lulus dengan lancar?

  2. adit says:

    saat nya mempersiapkan diri tuk mengabdi negara ku…. (INDONESIA)//,,

  3. Herlia maidarti says:

    Kak, sya mau tnya. Saya seorang wanita, sya mau jdi TNI. Apakah bsa sorang wanita jdi tni???
    Trims.

  4. ivan gunawan says:

    Kak saya mash kelas 3 smp apa yang harus saya siapkan unuk mnjadi seorang TNI..??
    sedangan kluarga saya adalah kluarga yang sangat miskin…

    • Dian Kurnia says:

      Cari informasi sebanyak mungkin tentang dunia militer. Jaga tubuh dengan olahraga teratur. Jauhi narkoba dan miras. Berdoa kepada Tuhan YME dan minta restu ke orang tua.
      Semoga sukses!

    • nandar says:

      TNI tidak mengenal sikaya dan simiskin…contohnya saya…saya juga dari keluarga miskin..yang penting persiapkan fisik,mental,kesehatan dan psikologimu…jadilah anak yang berprestasi

  5. cah chalem says:

    Pak sebenarnya pendaftaran untuk menjadi prajurit TNI di kenakan administrasi biaya pendaftaran apa tidak??
    soalnya mayoritas calon pendaftar yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berkopeten untuk menjadi anggota prajurit TNI terkendala dengan biaya,dan putus asa yang di karenakan administrasi pendaftaran yang tidak sedikit..
    mohon jawabannya terimakasih.

  6. akhmad muadzim says:

    pak kalau tangan saya tidak lurus{sdikit bengkong}
    apakah saya bza d terima??

    • Dian Kurnia says:

      Masalah diterima atau tidak saya TIDAK TAHU.
      Silakan cari informasi ke dokter spesial militer.
      Semoga berhasil.

      • pak sya sudah 2 x , mengikutin tes tni ad , caba pk/2011
        sya kalah di kes pertama , catam / 2011 sya kalah di psikotes ,

        sya mintak sran bapak bagaimana bisa menjai prajurit tni ad yang setia dengan negara indonesia?

        • Dian Kurnia says:

          terus perbaiki celah kekurangan yang ada… giat belajar dan jangan lupa terus berdoa kepada Tuhan YME.
          Semoga sukses!

  7. rendra says:

    Mas Dian Kurnia ini sebenarnya siapa???
    TNI atau bukan?

    Mengapa begitu tahu banyak tentang TNI??

  8. reza kurniawan says:

    saya mau brtny, ada gx msk tntra gx pke biaya.,
    saya thu lok daftr tdk dipungut biaya. tapi stlh tu gmn

  9. Ega Bege says:

    komandan,tahu depan saya mau daftar menjadi taruna akademi militer,tapi halangan saya kaki saya berbentuk O…
    pertimbangannya untuk ini gimana…

    • Dian Kurnia says:

      Setau saya bentuk kaki seperti huruf O atau X itu bersifat genetis, alias bawaan. Jadi, nggak bisa diluruskan.
      Seperti buta warna, penyakit genetis.
      Namun, ada baiknya konsultasikan ke dokter khusus militer untuk check. Takut saya salah mengenai hal ini.
      Semoga Sukses!

  10. Yudi brayen says:

    Pak sya mau tnya tentang pendaftaran caba tni ad T.A 2012 kira2 bln brapa dibuka pendaftaran nya pak.

  11. Faris Handika says:

    Saya sekarang ikut karate pemegang sabuk hitam dan punya sertifikatnya, apakah itu bisa diikutsertakan ?

    • Dian Kurnia says:

      yg paling penting, persyaratan administratif yang harus lengkap…
      untuk sertifikat, mau karate; paskibra; dll, ikut sertakan saja sewaktu pendaftaran… hanya sifatnya sunnah.
      Semoga Sukses!

    • Wahyu rohmad says:

      Bisa, itu malah ad nilai + nya, ,

  12. Rizkii atank says:

    mao nanyak pak,,saya mau daftar tapi kekurangan fisik saya pada gigi yg bolong parah,,gk bisa di tambal lg,,,kata dokter nya harus di cabut..jadi gmana tu masi bisa gk pak???

    • Dian Kurnia says:

      Salah satu persyaratan “WAJIB” adalah gigi yg harus sempurna.
      Jadi, kalau nggak bisa diperbaiki lagi, silakan cari bidang lain selain tentara.
      Semoga sukses!

  13. vikri says:

    pak, knpa emangnya klau badan sedlit brotot tdk d terima?? kata paman saya tdk d terima knapa pak??

  14. wiwin says:

    pak kalau ada gigi yang ompong 1 bagaimn , apakah bisa daftar bintara ? mohon dijawab

  15. odoy says:

    klo smp bsa g pa???

  16. ferial adisyahputra says:

    mas, saya ingin menjadi akmil AD, persyaratannya itu apa saja ya? terimakasih

    • Dian Kurnia says:

      PERSYARATAN UMUM
      1. Warga Negara Republik Indonesia.
      2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
      3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
      4. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
      5. Sehat Jasmani dan rohani.
      6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

      PERSYARATAN LAIN
      1. Pria, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri
      2. Berijazah SMU/MA program IPA atau yang setara.
      3. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama.
      4. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 167 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
      6. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
      7. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/Wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).
      8. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.
      a. Administrasi.
      b. Kesehatan.
      c. Jasmani.
      d. Wawancara.
      e. Psikologi.
      f. Akademik.

      PERSYARATAN TAMBAHAN
      1. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional.
      2. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/ adat.
      3. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

      TEMPAT PENDAFTARAN
      1. Ajen Kodam
      2. Ajen Korem
      3. Kodim

      • ferial adisyahputra says:

        tapi kalau punya sertifikat PBKB ( pendidikan budaya dan karakter bangsa) dari batalyon, tersebut di ikut sertakan atau tidak,

        • Dian Kurnia says:

          Silakan sertakan. Tapi yang lebih penting, kelengkapan persyaratan administratif yang tertera di atas harus ada.
          Semoga sukses!

  17. wiwin says:

    mohon ijin , bagaimana pak kalau ada gigi yg bolong 1 atau 2 , apakah bisa daftar bintara ?

  18. Levi says:

    mas, umur saya 22 lebih 7 bulan & saya cuma pnya ijazah SMA …
    apa masih bisa mengikuti pendaftaran tahun ini ???
    blz, thanks …

  19. pendaftaran taruna AD, untuk lulusan SMK/STM sederajat, di buka bulan apa?

  20. Abdul ghofur says:

    Saya punya piagam paskibra kecmatan apakah bisa membntu?
    Dan saya masih du2k d bngku sma klz 3.apkh bisa ikut mendftr!

    • Dian Kurnia says:

      Bawa saja piagam paskibranya, tapi jangan disertakan langsung ke dalam map kuning. Bilang sama panitia penyeleksi kalau saudara punya piagam itu. Ikuti perintah selanjutnya. Untuk status yg masih pelajar, silakan sesuaikan saja waktu kelulusan dari SMA dengan waktu pendaftarannya. Jika klop, ikut daftar segera!
      Semoga berhasil!

  21. sola says:

    pak klu daftar secaba umur sy 25th,,pke ijsa D3.bsa gk

  22. mau tanya pak bgaimana cara daftarnya?

    • Dian Kurnia says:

      Datang saja ke Korem atau Kodam di wilayah tempat tinggal saudara fardansantoso dengan membawa persyaratan yg tertera di atas (Tamtama, Bintara, atau Perwira).
      Semoga sukses!

  23. irfan says:

    sya mau daftar masih bisa pak

  24. irpan jayadi says:

    emng dh sah tu pak bulan juli
    klw tnggi y krang 1cm gmn pak

    • Dian Kurnia says:

      Itu sesuai yang tertera di website TNI. Sesuai pengalaman dan perbincangan saya dengan tim penyeleksi, hanya kurang 1 cm juga gak bisa. Tambah lagi aja dg banyak olah raga. Semoga sukses!

  25. abituren says:

    pembukaan bintara PK 2012 ada kecabangan baru,
    bagi pemuda pemudi ayo daftrkan diri anda!!

  26. rudi febriantoro says:

    pendaftran dimulai tangal berapa n terakhir kapan?

    tyus pendaftran di lamongan atu surabya tempatnta dimana

    • Dian Kurnia says:

      Untuk pendaftarannya coba liat di komentar sebelumnya. Daerah situ saya kurang tahu, coba tanya saja ke Koramil atau Kodim untuk lebih jelasnya.
      Semoga sukses!

      • rudi febriantoro says:

        usia saya kalau tangl 5 november 2012 sudah 22 lebih 2 bulan pa kah masih boleh

      • suhardi says:

        1.pak ne saya lulusan smk,umur saya 19 tahun,tinggi 170 cm.sehat jasmani n rohani, trus pa bsa lo daftar d tamtama ya.trus mslah dana itu mlai pndaftaran sampai slsai biasay hbs brpa pak.

        • Dian Kurnia says:

          Tamtama udah lewat. Silakan tempuh Bintara saja.
          Gratis! Tidak ada biaya kecuali biaya buat ongkos kita datengin korem atau kodam.
          Semoga sukses!

  27. muhamad dodi ferdian says:

    yg bener pa smk bisa,klo bisa saya mau dftr

  28. Zie Pratikno says:

    INFORMASI PENDAFTARAN SECAPA APA SUDAH KLUARR ?

    • Dian Kurnia says:

      PENDAFTARAN PERWIRA PK

      1. Pendaftaran : Minggu I s.d IV September 2012
      2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu II Okt s.d Minggu I Nop 2012
      3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu II s.d Minggu IV Des 2012
      4. Sidang Panitia Pusat : Minggu IV Desember 2012
      5. Buka Pendidikan : Minggu I Januari 2013

  29. hendy says:

    ambil formulirnya dimna,hendy d sidoarjo

    • Dian Kurnia says:

      Ga ada formulir. Langsung aja bawa persyaratan yg tertera, trus beli map kuning (map KODAM) di Koperasi Ajendam…

  30. irpan jayadi says:

    pak klw skrg ad bka gk bintara AD

  31. fahni says:

    kalau pendaftaran di bandung di daerah mana?

  32. Eko says:

    Ass..
    Slmat siang gan , sya mw tny tes dlm uji cobanya ap sja ..
    Mhon informasiny gan, agr sya bsa brlatih ..
    Trima ksih sblumny ..

  33. muhamad dodi ferdian says:

    pa saya mau tanya,klo lulusan smk bisa ga daftr akmil?
    makasih pa

  34. zuiger says:

    tgl n bln brp pndaftaran bintara AD 2012 ?

    • Dian Kurnia says:

      PENDAFTARAN BINTARA TNI AD 2012

      1. Pendaftaran : 9 s.d 20 Juli 2012
      2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 23 Juli s.d 12 Oktober 2012 (Psi 27-28 Agustus).
      3. Sidang Panitia Daerah : 17 s.d 18 Oktober 2012.
      4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 22 s.d 28 Oktober 2012.
      5. Sidang Panitia Pusat : Pria : 1 Nopember 2012 dan Wanita : 2 Nopember 2012.
      6. Buka Pendidikan : 5 Nopember 2012

      Lihat selengkapnya Secaba AD

  35. CALON MARINIR INDONESIA says:

    HORASSSS TNI KU….. TUNGGU AKU DI KORPS MARINIR…

  36. riand says:

    saya mw daftar…
    tapi kekurangan saya ada d gigi geraham saya yg ompong..
    apa masih ada pertimbanganya maslah gigi.!!

    rian .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s